Kata Baru

Tentang Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Enaknya Menabung di BRI Syariah


Sebelumnya saya informasikan, bahwa tulisan ini tidaklah bermaksud mempromosikan dan/atau me-review suatu produk atau badan usaha, yaitu Bank BRI Syariah. Dan posisi sayapun bukan karyawan atau bagian dari Bank BRI Syariah, melainkan hanya nasabah biasa.

Logo BRI Syariah

Logo BRI Syariah

Melalui tulisan ini saya ingin berbagi cerita mengenai kenyaman saya menjadi nasabah BRI Syariah. Sebagai seorang karyawan swasta yang tiap gajian tidak pernah diberikan uang tunai, melainkan transfer melalui rekening bank, maka fungsi produk tabungan (untuk menyimpan, mengumpulkan, dan mengembangkan) sebetulnya bukanlah suatu hal yang penting bagi saya, melainkan hanyalah sebuah ‘alat’ untuk menampung sementara (kemudian habis tak tersisa :D).

Karena hanya merupakan suatu alat penampung (perhentian) sementara, maka diperlukan suatu produk (tabungan) yang harus memenuhi 2 (dua) syarat utama, yaitu: mudah diambil dan tidak mengurangi nilai simpanan.

Untuk memenuhi syarat yang pertama, saya yakin semua bank dengan macam-macam produknya dapat memenuhinya, seperti dengan memperbanyak keberadaan mesin ATM, dan kerjasama antar bank seperti jaringan ATM Bersama, walaupun dengan mengenakan tarif tambahan. Namun syarat yang kedua, apakah mungkin dapat dipenuhi oleh pihak bank? Awalnya saya pikir, tidak ada produk tabungan yang tidak membebankan nasabahnya dengan biaya macam-macam, seperti: biaya administrasi bulanan, biaya administrasi kartu ATM, biaya pengecekan/penarikan pada mesin ATM, dan sebagainya.

Ya, kenyataannya memang seperti itu. Maka, semboyan yang mengatakan “hemat/menabung pangkal kaya” itu boleh dibilang sama sekali bohong, mustahil, bagi orang-orang menengah ke bawah seperti saya. :D

Betapa tidak, dengan bunga/bagi hasil yang sedikit (paling cuma beberapa ratus rupiah), tetapi potongan biaya yang sangat besar (hingga puluhan ribu), bagaimana bisa kaya? :D Pinter memang otak-otak para bankir. :D

Tetapi pembaca, Alhamdulillah, ternyata ada produk tabungan Syariah dari Bank BRI Syariah yang sama sekali gratis. Wow! Menabung di BRI Syariah sama sekali tidak ada pungutan ‘upeti’ dari orang-orang kaya (bankir) tapi miskin itu. Ya, menabung di BRI Syariah Anda sama sekali dibebaskan dari biaya-biaya, seperti:
– Biaya administrasi bulanan (umumnya Rp10.000 di bank lain)
– Biaya administrasi kartu ATM bulanan (umumnya Rp10.000 di bank lain)
– Biaya cek saldo, tarik tunai, transfer menggunakan mesin ATM Bersama dan/atau Prima (umumnya Rp5.000 di bank lain)

Faedah

Faedah

Dan itu tidak bohong lho para pembaca. Saya sudah membuktikannya. Sudah lebih setahun saya menjadi nasabah di BRI Syariah, dan sama sekali tidak ada angka-angka potongan biaya administrasi di buku tabungan saya.

Lagi pula bagi umat Muslim seperti saya, menabung di bank syariah itu menentramkan karena diatur dengan sistem syariah sehingga bebas riba.

Wah, sudah bebas riba (bunga), bebas biaya adminstrasi, bebas biaya transaksi lagi (Anda bisa melakukan cek saldo/tarik tunai di ATM apa saja: BRI, BCA, BNI, dan lain-lain), dan saldo minimalnyapun hanya Rp25.000 saja.

Mudah-mudahan program ini berlaku selamanya, tidak hanya sebagai bentuk promosi.

Pembaruan berita terlengkap, kunjungi artikel yang ini ya: Ayo Menabung di BRI Syariah

About these ads

136 responses to “Enaknya Menabung di BRI Syariah

  1. Pria Biru 2 Februari 2012 16:17 pukul 16:17

    Alhamdulillah dapat masukkan….mungkin saatnya pindah transfer gaji juga nih….yang bisa ATM Bersama Gratis…!! itu yang penting…

    Nice Article Bra’…

  2. tovavanjava 3 Februari 2012 10:19 pukul 10:19

    nice info bro…pengen juga ah..ke syariah..apa semua bank syariah seperti itu ya? (selain BRI) :D

    • Novian Agung 3 Februari 2012 10:27 pukul 10:27

      Sayapun tadinya mau mencoba produk syariah dari bank lain (kini semua bank punya produk syariah, lagi trend :D), karena kekurangan dari produk BRI Syariah ini tidak menyediakan layanan Internet Banking, tapi karena di bank syariah lain tetap mengenakan biaya lain-lain (biaya adminstrasi bulanan dan biaya transaksi ATM Bersama) akhirnya niatpun diurungkan mas bro…

      • Sinta 8 November 2012 20:24 pukul 20:24

        Setiap Bank Syariah pasti ada layanan Titipan mas. Saya punya rekening di BNI Syariah, menggunakan akad Wadi’ah dan sama sekali tidak dipotong pajak, biaya bulanan. Tapi juga tidak mendapat bagi hasil :) tp it’s okay, krna tujuan saya untuk menjalankan bisnis

        • Novian Agung 9 November 2012 09:18 pukul 09:18

          Wah masa sih? Saya baru tahu kalau ada layanan tersebut di BNI Syariah :D
          Tapi sepertinya hanya orang tertentu yang tahu (artinya bukan suatu produk umum)?
          Nah kalau administrasi penggunaan ATM nya bagaimana mbak? Gratis juga?
          Tapi tidak ada bagi hasil ya? Di BRIS ada walau hanya sedikit :D

  3. inue satrio 3 Februari 2012 13:12 pukul 13:12

    wah perlu nich…..tapi banknya khusus ato nyatu dgn yg bri umum

  4. edwin 28 Februari 2012 00:44 pukul 00:44

    lg pengen buka BRI syariah juga nih
    mas klo BRI syariah bisa nabung di BRI konvonsional juga bisa ga ?
    apa termasuk tranfer juga ?
    kena biaya ga ?
    makasih..

  5. Edwin 1 Maret 2012 00:37 pukul 00:37

    mas mau nanya lagi
    klo bikin ATM BRI Syariah lama ga ?
    apa kartu ATMnya polos tanpa nama ?
    makasih..

  6. sucy 2 Maret 2012 13:02 pukul 13:02

    mau tanya nihh ,,, BRI Syariah sebenarnya itu khusus masyarakat ber agama muslim atau semuanya bisa ikutan ya mas ??
    mohon pencerahannnya mass
    maaf sebelumnya jika pertanyaan saya ini berlebihan

  7. sucy 2 Maret 2012 13:06 pukul 13:06

    ok makasih mass..

  8. fuad 25 Maret 2012 23:16 pukul 23:16

    mau tanya nih,,
    klo mau transfer dari bank lain (misal BNI) ke bank Bri syariah kena biaya gak???

  9. janet 31 Maret 2012 22:39 pukul 22:39

    mas mw nanya kalo mw narik uang dari atm BRI syariah tapi saya punya nya kartu atm BRI yang biasa di kenakan biaya g ? kan secara masih sama2 BRI :-D

  10. ihwan 10 April 2012 19:48 pukul 19:48

    salam kenal mas,
    mas cuman mau pastiin , beneran kalau tarik uang di atm bersama gratis biaya administrasi?
    terima kasih

  11. Irezt Mochi 16 April 2012 20:02 pukul 20:02

    mas mau tanya,,kalau KTP sy asal semarang buka di BRI kota cirebon blh gak ya???
    makasih

  12. yudi lesmana 21 April 2012 16:28 pukul 16:28

    nice share mas….
    jadi yakin mo buka tabungan di bri syariah
    insya Allah berkah :)

  13. supar 25 April 2012 17:04 pukul 17:04

    semua itu ga bener,..yang bebas biaya bulanan cuma 3 bulan pertama,….selebihnya kena potongan diatas 15000,..dan dibuku tabungannya tidak ada sandi tentang apakah itu pajak,atau biaya administrasi atau potongan yang lainnya.

  14. wildan 4 Mei 2012 18:23 pukul 18:23

    rekening giro itu maksudnya apa ya??
    apa rekening bank yg tertera dibuku tabungan itu??
    soal.a saya juga kepengen sekali-sekali nabung lewat bank bri konvensional…

    • Novian Agung 6 Mei 2012 02:50 pukul 02:50

      Ketika membuka tabungan di BRI Syariah, seharusnya Anda dijelaskan cara menabung di bank BRI (konvensional) dan diberikan kertas yang berisi nomor rekening BRI (konvensional) sebagai nomor rekening tujuan untuk keperluan mentransfer.

  15. serli 5 Mei 2012 21:07 pukul 21:07

    hy,,smua’y qu jg mw tanya…bisa gg bikin tbngan syariah di bank bri biasa..????

  16. serli 7 Mei 2012 22:36 pukul 22:36

    aduuhhh,,aqu g tau Lagi bri syariah yg dkt cini,ada di sbelah mana,,hmm…!!!!

  17. fitri 11 Mei 2012 17:18 pukul 17:18

    lw mo dftr d bank syariah BRI saldo awalnya brp ya…??

  18. ropink 13 Mei 2012 18:02 pukul 18:02

    ya ini yang aku cari, makasih atas infonya

  19. suhendra 14 Mei 2012 12:22 pukul 12:22

    apa bisa transfer dari bank lain misal BCA, CIMB transfer ke BRi SYARIAH ??… *Maaf saya pemula hhe mohon balas ya :)

  20. bunda mizan 14 Mei 2012 17:20 pukul 17:20

    salam kenal mas,… oh ga bisa buka rek BRI syariah di BRI konvensional,soalnya saya belum melihat kantor BRI SYARIAH d Sumedang, baru ada MANDIRI SYARIAH, BJB SYARIAH,….

  21. butzone 23 Mei 2012 12:26 pukul 12:26

    Mas, kalo transfer dari BRI konvensional ke BRI Syariah bisa gak dan dikenakan biaya gak?
    Terima kasih infonya mas.

    • Novian Agung 23 Mei 2012 14:43 pukul 14:43

      Itu sama seperti ketika transfer bank BCA ke bank BRI Syariah. Disesuaikan dengan kebijakan bank setempat. Untuk informasi, bank BRI (konvensional) dan BRI Syariah adalah dua “nama” yang berbeda. Begitu kurang-lebihnya mas :D

      CMIIW

  22. dhe'pur 3 Juni 2012 19:50 pukul 19:50

    Salam kenal Mas, saya dengar bank jenis syariah cuma cocok untuk tabungan dengan saldo kecil (<10 jt), karena kalau sudah sampai saldo tertentu sudah tidak bebas biaya lagi (misal kena pajak dll) apa itu benar?

  23. zhoy 4 Juni 2012 13:51 pukul 13:51

    mas cabang bri syariah di purwakarta jawa barat ada ga??
    trimakasih

  24. zhoy 4 Juni 2012 14:25 pukul 14:25

    oh ya, maap mas, trimakasih

  25. maulana rauf 12 Juni 2012 17:14 pukul 17:14

    sebagai nasabah BRI Syariah bisa g mas melakukan setoran di BRI konvensional dan dikenakan tarif g?

  26. Dedi Adisaputra 15 Juni 2012 05:10 pukul 05:10

    terima kasih atas infonya mas,

  27. noorbagus 23 Juni 2012 15:47 pukul 15:47

    Kalo tarik tunai atau nabung minimal brp ya mas?

    Maap, newbie

  28. Sri Nurnaini 25 Juni 2012 14:42 pukul 14:42

    mau tnya, apa internet bankingx bisa langsung on dan layanannya sama sprt bank syariah lainnya,,??

  29. cholil123 25 Juni 2012 23:04 pukul 23:04

    klo buka atm bri syariah ada biaya admin perbulannya ga?cz sya dah make atm bank syariah yang laen perbulannya dipotong 5rbu klo bri syariah bener free besok q mo buka atmnya cz saya buat simpenan dalam waktu lama dan tidak bayak.

  30. Qieqieio Inoeyashaa 1 Juli 2012 20:26 pukul 20:26

    klo menabung lwt bank bri biasa bisa gak mas?

  31. Anisa sweet 8 Juli 2012 13:00 pukul 13:00

    I agree, saya pun sangat suka menabung di Bank BRI Syariah,, bahkan pingin jd bagian dr mereka menjadi pegawai.. hihi ngarep : )

    • Novian Agung 9 Juli 2012 10:25 pukul 10:25

      :D coba melamar saja :D Tapi gajinya kecil lho. Salah satu karyawati di kantor BRIS tempat saya menabung saja ‘kesirian’ dengan gaji karyawan baru di kantor tempat saya kerja :D

  32. HaPe 14 Juli 2012 15:20 pukul 15:20

    Saya juga pengguna BRI Syariah dan cukup puas dengan fasilitas yang diberikan. Saya pernah punya pengalaman yg kurang enak tapi udh solved. Untuk lebih jelasnya bisa dibuka disini. Silahkan berkunjung gan.

  33. Fery 31 Juli 2012 11:55 pukul 11:55

    wah sepertinya saya harus pindah ke BRI syariah ini, sistem yang sama dulu diterapkan di Bank Muammalat tapi kita sudah ada biaya bulanannya.

  34. fitri 2 Agustus 2012 20:03 pukul 20:03

    Sya sdah mmbuka tbungan di bri syriah skitar stengah thun, memang bnar tdak ada ptongan adminstrasi, ttap dpt bunga tp skitar 8rts-sribu sja.
    Mgkin itu skian prsen keuntungn dr bank yg diberikan ke nsabah.
    Stiap kli tarik tunai di ATM, sldo sya jg tdak prnah diptong.
    Jika transfer ke sesama maupun beda bank dengan mggunakan mesin ATM bersama, tetap kena chas.
    Tpi jika transfer ke sesama bank dengan menggunakan mesin ATM BRI Syariah, biayanya gratis :)

  35. nadhirul 6 Agustus 2012 08:46 pukul 08:46

    mas,
    aku mau tanya,
    itu kalo mau daftar awal ke BRI syariah gimana???
    bawa apa aja???
    trus sampai sekarang apa masih gratis mas??

  36. averea 6 Agustus 2012 09:27 pukul 09:27

    5ap mo tnya mas klo buat terima transferan dri luar negeri bisa gk ya ?

  37. ade 10 Agustus 2012 10:02 pukul 10:02

    ia..bri syariah tetap harus ada saldo reta-rata….tidak bisa diambil semua…

  38. Dimastiko 12 Agustus 2012 13:36 pukul 13:36

    transfer antar bank bri syariah ada biayanya gak?

  39. ifan 15 Agustus 2012 10:03 pukul 10:03

    assalamualaikum…
    mau tanya

    kan syarat pakai kartu pelajar di perboleh kan?
    trus batasan umur untuk pengajuan pembuatan ATM apakah ada?

  40. Hafidz Anshori 25 Agustus 2012 23:33 pukul 23:33

    assalamualaikum,,
    mas mau tanya,
    syarat2 untuk pembuatannya apa aja ya ?
    apakah untuk anak sma bisa ?

  41. tika 30 Agustus 2012 18:28 pukul 18:28

    adik saya punya tabungan di bank bri syariah tapi sudah setahun tidak dipergunakan
    kira kira masih bisa digunakan tidak ya?
    terima kasih

  42. Yudi 8 September 2012 20:18 pukul 20:18

    Hari Senin nanti InsyaAllah saya buka rekening di BRI Syariah… :mrgreen:

  43. tom 14 September 2012 21:02 pukul 21:02

    kalau pingin gratis pake tab junior dijamin, tpi tau diri lah

  44. bonimovic 29 Oktober 2012 21:48 pukul 21:48

    tidak ada bank yang sempurna sesuai dengan keinginan kita.

    saya menabung di danamon lebih, administrasi tiap bulan gratis (bila saldo >100.000), tarik tunai lewat atm & transfer sesama danamon gratis (bila saldo >2.500.000), tapi transfer ke bank lain tetap kena chas 5.000 perak.

    saya juga menabung di mega berbagi, biaya bulanan gratis (bila saldo >500.000) tapi tarik tunai & transfer tetap kena potongan (1.750 untuk tarik tunai & 5.000 untuk transfer).

    dan yang saya tau, untuk bri syariah, bulanannya emang gratis, tapi untuk transfer lain bank kena chas 15.000.

  45. s 2 November 2012 05:24 pukul 05:24

    yang penting hari senin ini dua anak saya;,
    buka rekening di bank bri syariah tapi yang kecil belum punya KTP bisa atau tidak

  46. Joni 2 November 2012 08:58 pukul 08:58

    Ane nabung di BRI syariah, Woowww bagi hasilnya kayaknya paling kecil dari semua bank :D , memang benar administrasinya, Taaapii kena pajak juga nih… lumayan ribuan.. :D

  47. molz 7 November 2012 10:23 pukul 10:23

    2 tahun lalu saya nabung di bris . waktu ada masalah keuangan saya ambil semua dana nya via atm ,tersisa 50rb (saldo minimum atm) setelah beberapa bulan saya coba cek kembali , saya pikir seperti bank2 lain , pasti sudah otomatis di tutup rekening saya karena biaya bulanan/biaya saldo minimum , ternyata di bris saldo saya masih utuh(50rb) ,akhir nya saya lanjutkan lagi nabung di bris , emang paling TOP

  48. raflirrr 14 November 2012 18:44 pukul 18:44

    Bos,, mw tanya nih,,,kl transfer ke rekening bri syariah harus disertakan kode 422 yah ? Trus tata caranya gmna tuh,kok harus tambah kode sgala ? Thx b4

  49. Fakri 16 November 2012 22:20 pukul 22:20

    Saya Mahasiswa baru. Berhubung pemerintah ngadain program eKTP yg jadix masih lma, akhirnya smpe skrg msih blum punya KTP. tp, apakh bisa buka rekning di BRIS dg krtu Mahasiswa?

  50. Sinta 1 Desember 2012 21:21 pukul 21:21

    Punten mas, mau nanya. Ada yang tau gak, kalo transfer dari BRI ke BRIS kena biaya ga yah? makasih :)

  51. Saddam 7 Desember 2012 08:59 pukul 08:59

    Saya juga udah pake BRI Syariah, bener2 gak ada potongan, tetapi gak ada bunga juga, hehehe.. gak masalah yang penting gak ada potongan..penarikannya mudah, cuman kayaknya sering trouble saat tanggal2 awal untuk transfer

  52. subekhi 12 Desember 2012 07:57 pukul 07:57

    Ah mgkn tu lg masa promosi .contoh bank muamalat dulu serba gratis tp sekarang apa hayo,perbulan kena biaya,nabung dikantor pos kena biaya,tranfer dan tarik tunai kena biaya,bagi hasil dg biaya tetekbenget gedean tetekbengeknya,jadi nabung malah buntung.habis mau gmna lagi,uang tdk ditabung tkut hlang dirumah,ada tuyul dll. Mau tanya bri syariah usianya udah brapa taun?

  53. farkhan 14 Desember 2012 18:42 pukul 18:42

    misi mas,ane mau tnya kan ane pnya atm bri syariah trus mau transfer ke bank mandiri.lha itu kena biaya nggak ya.trima ksih.

  54. farkhan 14 Desember 2012 19:02 pukul 19:02

    apa ane hrus ke atm mandiri atau gmana?mkasih gan.

  55. nopan 6 Februari 2013 21:50 pukul 21:50

    Bagi hasilnya oke ga? Saya saat ini memakai permata syariah n muamalat. Yg paling enak dr bank syariah itu slain sesuai dg hukum islam, ya bagi hasilnya lumayan n tdk ada biaya administrasi

  56. ujang 17 Februari 2013 21:14 pukul 21:14

    mas cabang bris daerah tangerang tau ga ada dimana?
    Kena pajak ga. Kalu kena berapa perbulanya? Makasih infoya.

  57. ujang 17 Februari 2013 21:34 pukul 21:34

    mas cabang bris daerah tangerang tau ga ada dimana?
    Kena pajak ga. Kalu kena berapa perbulanya?
    Makasih infoya. Dan ditunggu jawabanya

  58. keiria 12 Maret 2013 17:59 pukul 17:59

    sama dong saya juga pengguna bri syariah, dan emang ga ada biaya adm bulanan ataupun transaksi di atm bersama, asik banget :D

  59. Vino Putra 15 April 2013 09:33 pukul 09:33

    mas tolong kasih tahu dong bank mana yang mau nerima uang seribuan dan duaribuan tanpa dibatasi nabungnya

  60. adhi 21 Oktober 2013 07:26 pukul 07:26

    salam kenal mas,, terimakasih atas infonya
    sepanjang yg saya tahu sih pajak cm kena kalo saldo diatas 7,5 jt
    jd berminat buka di BRIS

  61. sitiagel 28 Januari 2014 00:22 pukul 00:22

    assalammu alaykum mas.. saya mau tanya nih, di link bri syariahnya.. http://www.brisyariah.co.id/?q=tabungan-brisyariah tertulis syarat dan ketentuan berlaku untuk FAEDAH nya.. mungkin mas tau, apa aja syarat dan ketentuannya? Soalnya di webnya ngga ada deh. Apa sy yang ngge ngeh ya?

    Hmm.. anyway mas.. nice post!

  62. ranisurga 26 Februari 2014 02:45 pukul 02:45

    sudah baca smua artikel tntang BRISnya
    cuma mau tanya..
    sampai 2014 ini apakah masih sama aja kaya dulu ?
    itu aj soalny sy mau buka rekening nih,calon mahasiswa :D amin

    btw nice post biarpun ane telat blogwalkingnya

  63. Rifqi 5 Maret 2014 09:51 pukul 09:51

    saya pelajar 17 thn, pengen nabung tapi takut kepotong ini itu, yah karena uang pas”an, saya juga prnh baca” ttg Tabunganku,
    baik BRI Syariah dan Tabunganku (bank lain misal BNI Syariah Tabunganku) sama” gak ada biaya administrasi, jadi buat pelajar pas”an kyk saya mending pilih mana?? Terimakasih mohon pencerahannya :)

    • Novian Agung 5 Maret 2014 09:58 pukul 09:58

      Tabunganku memang gratis, tapi ribet, banyak syarat dan batasan. Silakan tanya-tanya lebih dulu ke bang penyedia “Tabunganku”.

      Kalau BRISyariah, tanpa ribet, tanpa syarat, dan benar-benar gratis :D

      Tentu tidak perlu banyak berfikir, langsung ke BRISyariah saja…

  64. Fitriah 14 April 2014 19:44 pukul 19:44

    Trus kalau g da potongan karyawan banknya dapat gaji dari mana?

  65. Rita Puspa Lestari 11 Juli 2014 09:49 pukul 09:49

    waaaah, masnya tau banget. ngehehe. makasih infonya yaa.
    dan lagi, ada fasilitas smsBRIS itu bisa dijelasin biaya administrasinya nggak?

  66. apang 2 Oktober 2014 15:54 pukul 15:54

    sekarang ada syarat nya

  67. ogi123 4 Oktober 2014 05:45 pukul 05:45

    kalau gak pernah nabung di cabang bank pda buku tabungan, tapi sering di transfer lewat ATM apakah akan kena blokir?

  68. ferdy tanza 30 Oktober 2014 09:42 pukul 09:42

    kalo mau buka rekening tapi KTP nya beda domisili ada syarat khusus gak ya?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 161 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: