Kata Baru

Tentang Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Yuk, Buat Blog di Kodingen.Com


Pembaca, setelah sebelumnya Anda sudah dapat membuat halaman pengunggah dan halaman daftar file di Kodingen.Com, sekarang saya akan mengajak Anda mencoba membuat blog WordPress di Kodingen.Com.

Setelah masuk ke lingkungan kontrol panel Kodingen.Com Anda, pada bilah kiri bukalah folder “httdocs”, kemudian unduhlah kode sumber CMS WordPress di sini: http://wordpress.org/latest.zip. Setelah berhasil mengunduh, buka kembali folder “httdocs” dan Anda akan menemukan sebuah file baru bernama”lates.zip”. Ekstrak file “lates.zip” tersebut.

Nanatinya akan bertambah sebuah folder baru dengan nama “wordpress”.

Ubah nama folder (jika perlu), sebagai contoh, saya mengubah nama folder “wordpress” menjadi “blog”.

Sebelum melakukan tahapan instalasi CMS WordPress, Anda harus menyiapkan sebuah database lebih dulu. Buatlah database dengan mengklik batang “Control databases”, kemudian klik “MySQL Databases”, kemudian klik “Add a new database…”, dan ketikkan nama untuk database Anda, misal “blog”.

Setelah berhasil membuat database, catat informasi mengenai akses database Anda yang meliputi: “name”, “user”, “host”, dan “pass”.

Saatnya menginstalasi CMS WordPress Anda. Melalu aplikasi browser Anda, bukalah alamat: http://%5Busername%5D.kodingen.com/blog (misal: http://katabaru.kodingen.com/blog).

Klik tombol “Create a Configuration File”, lanjut ke tahap berikutnya klik tombol “Let’s Go!”

Isikan informasi yang diminta sesuai dengan informasi akses database yang sebelumnya telah Anda buat.

Jika Anda benar maka akan ditampilkan halaman seperti gambar di bawah ini:

Klik tombol “Run the Install”, kemudian isikan informasi yang diminta.

Jika berhasil, akan ditampilkan halaman seperti gambar di bawah ini:

Anda tinggal melakukan langkah LogIn untuk mengakses halaman Dashboard.

Jika Anda sudah biasa ‘ngeblog’ di WordPress.Com, sepertinya Anda tidak akan asing dengan halaman dashboard WordPress. Karena tampilannya nyaris sama dengan dashboard pada blog WordPress yang Anda miliki, hanya saja ada beberapa menu yang dihilangkan seperti: “Store”, “Feedback”, “Pooling”, dan lainnya.

Lha, kalau banyak menu yang dikurangi daripada blog gratis yang disediakan WordPress.Com kenapa tidak membuat blog langsung saja di WordPress.Com tanpa harus repot-repot membuat database, menginstal CMS, dan sebagainya?

Begini pembaca, langkah membuat blog yang saya jelaskan di atas adalah langkah-langkah yang biasa dilakukan para blogger yang mempunyai nama domain sendiri, seperti blog-blog saya lainnya: www.agungnovian.com, dan www.diajar.com. Jadi, tidak ‘mendompleng’ di WordPress. Sehingga diberi kebebasan penuh oleh WordPress untuk mengelola CMS (Content Managemen System) nya sendiri.

Dengan kebebasan tersebut, Anda bisa menambahkan plugin-plugin WordPress yang bertebaran, Anda bisa mendesain thema WordPress sendiri (atau menggunakan thema-thema buatan situs penyedia thema gratis yang memang tidak disediakan oleh WordPress secara default), menambahkan animasi-animasi, skrip-skrip (javascript), beriklan, dan sebagainya.

Sebagai contoh thema WordPress desain sendiri, bisa Anda lihat di blog saya: www.diajar.com.

Hmm, jika blog Anda mempunyai desain yang berbeda dari blogblog lain tentunya mempunyai nilai kepuasan dan kebanggan sendiri, kan?

Untuk mengakses blog Anda silakan kunjungi: http://%5Busername%5D.kodingen.com/blog

Contoh: http://katabaru.kodingen.com/blog

Menarik, kan? Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: