Kata Baru

Tentang Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Membuat Teks Rata Kanan-Kiri pada Blog


Trik ini mungkin sepele bagi Anda yang biasa memprogram web😀, tetapi mungkin cukup ‘berarti’ bagi blogger yang sama sekali awam dalam pemrograman.

Begini loh, kalau kita memperhatikan tampilan tulisan pada suatu blog yang menggunakan wordpress, mungkin tampak kurang rapih karena perataan teks paragraf yang rata kiri. Lain halnya dengan tampilan di artikel ini, tampak lebih rapih kan? karena perataan paragraf kanan-kiri (di Ms. Word dikenal dengan istilah “justify”).

Adalah mudah jika Anda mempunyai blog ber-CMS WordPress dengan domain sendiri, bukan domain dari WordPress, alias bukan blog gratis dari WordPress, untuk mengubah secara default perataan paragraf menjadi rata kanan-kiri. Cukup dengan mengubah file “style.css” dengan menambahkan aturan seperti berikut:

p{
    text-align: justify;
}

Tetapi bagi pemilik blog WordPress gratis, perlu melakukan akal-akalan karena Anda tidak diberikan hak untuk mengubah “style.css” kecuali bila Anda meng-upgrade menjadi versi Pro (yah, sama saja bukan blog gratis).

Perataan teks pada WordPress disediakan tiga jenis perataan, yaitu: kiri, tengah, dan kanan. Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa mengaturnya menjadi rata kanan-kiri. Gampang saja kok caranya, silakan menyimak!

Ketika membuat artikel pada blog WordPress Anda, aturlah mode teks editor pada mode “HTML” (pada text editor disediakan dua jenis mode, yaitu “Visual” dan “HTML”), dengan mengklik pada tab HTML. Kemudian sebelum Anda membuat sebuah paragraf, awali dengan menuliskan penanda seperti ini:

<p style="text-align:justify">

Setelah selesai membuat suatu paragraf, tutup dengan penanda seperti ini:

</p>

Contoh:

<p style="text-align:justify">
Ini adalah contoh Paragraf. Paragraf adalah tulisan yang terdiri dari beberapa kalimat. Kalimat adalah gabungan dari beberapa kata. Sedangkan kata adalah gabungan dari beberapa huruf. Sementara huruf itu gabungan dari beberapa titik (maksa :D)
</p>

Gampang kan? Selamat mencoba!

5 responses to “Membuat Teks Rata Kanan-Kiri pada Blog

  1. ya2kzzz 10 Februari 2012 23:03 pukul 23:03

    ini bisa dipakai di aplikasi wordmobi nggak bro?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: