Kata Baru

Tentang Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Mari Memanfaatkan Internet


Internet (interconnected-networking) pada mulanya adalah program riset Departemen Pertahanan Amerika, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk suatu jaringan, tujuannya untuk memudahkan pertukaran data antar komputer di setiap pos-pos militer, sehingga informasi dapat cepat direspon.

Harus diakui, perubahan yang terjadi pada kehidupan saya sangat besar dipengaruhi oleh komputer dan internet. Dimulai dari mengenal sebuah benda kecil, pada tahun 2001 silam, yang belakangan saya kenal bernama disket, sehingga menumbuhkan keinginan untuk mengenal lebih jauh tentang komputer. Saat itu saya terkagum-kagum melihat kemampuan disket (yang sedang dioperasikan teman kecil saya) yang dapat menyimpan ‘sesuatu’ yang kemudian bisa dicetak pada selembar kertas. Wow, luar biasa😀 Dari sana akhirnya timbul keinginan untuk mempunyai komputer. Pucuk dicinta ulam tiba, akhirnya ayah saya membeli seperangkat komputer (walaupun sebetulnya tidak diperuntukkan untuk saya melainkan untuk adik saya) sebuah komputer dengan kemampuan memproses data pada level PI (Pentium ke-satu) yang saat itu dibeli dengan harga 1,5juta.

Disket

Disket

Sumber: http://www.gopego.com

Karena kebodohan saya dalam pengoperasian, beberapa kali komputer harus bolak-balik bengkel komputer untuk dilakukan proses instalasi ulang SO (Sistem Operasi) yang cukup memakan biaya. Saya harus mengeluarkan Rp100.000 (seratus ribu rupiah) setiap kali dilakukan proses instalasi ulang (harga yang sangat mahal setelah saya tahu betapa mudahnya melakukan proses instalasi SO :D). Karena beberapa kali rusak dan beberapa kali juga harus membayar membuat saya berfikir untuk melakukan proses instalasi OS sendiri. Berbekal buku-buku komputer yang didapat dari meminjam perpustakaan umum (saat itu internet merupakan barang langka dan mewah) akhirnya saya berhasil melakukan proses instalasi sendiri.

Beberapa bulan kemudian, seorang teman saya mengajak untuk berkuliah komputer. Dari situ saya mendapatkan hobi baru yaitu bahasa pemograman, khususnya bahasa Visual Basic, beberapa buku saya beli demi mengasah kemampuan dalam memprogram. Tiada hari tanpa buku, dan tiada hari tanpa menyisipkan ballpoint di saku kemeja. Itulah keseharian saya. Saking demamnya membaca, akhirnya tercetus ‘ide gile’, ini lamunan saya: “Waaah, kayanya keren, kalau nama saya bisa tercantum di bawah sebuah judul buku”.

Buku

Buku

Sumber: http://www.jonru.net

Karena ‘ide gila’ tersebut, lembar demi lembar saya mulai menuliskan pengetahuan-pengetahuan yang saya miliki walaupun banyak mendapat tanggapan yang menggoyahkan, tapi dengan segala keyakinan, dan emosi untuk membuktikan apa yang dikata tidak mungkin, sedikit-sedikit saya mulai menyelesaikan bahan tulisan saya.

Empat bulan lamanya, akhirnya calon ‘buku’ saya selesaikan. Tinggal bagaimana mempublikasikannya? Waduh pusing juga, saya tidak punya kenalan atau ilmu sama sekali untuk urusan ini. Dengan modal nekat, saya ‘lari’ ke warnet (warung internet) mencari alamat penerbit. Dua nama penerbit saya kantongi, saya pun mengirimkan naskah ke penerbit pilihan pertama. Satu, dua minggu ditunggu, datanglah kabar dari penerbit. ‘Buku’ saya tidak memenuhi kriteria karena beberapa kekurangan. Sedih memang, tapi saya harus tetap berusaha.

Ilustrasi

Ilustrasi

Sumber: http://www.anneahira.com

Saya perbaiki kekurangan-kekurangan tersebut. Setelah dirasa cukup, akhirnya saya coba kirim kembali, tetapi tidak ke penerbit pertama tersebut, saya coba ke penerbit kedua. Satu, dua minggu, belum juga ada jawaban. Satu bulan, belum juga ada konfirmasi. Hingga akhirnya setengah bulan kemudian (jadi total 1,5 bulan penantian :D), pak Pos membawa kabar gembira bahwa ‘buku’ saya lulus seleksi. Horeee…!!!

Betapa ini kejadian yang sungguh luar biasa bagi saya. “Benarkah ini?” beberapa kali saya bertanya dan berfikir ulang. Dua hari berselang, saya bersama teman saya pergi ke kota tempat penerbit buku tersebut (di kota Yogyakarta), guna menyerahkan naskah dalam bentuk softcopy (hasil pengetikan).

Satu bulan kemudian, datang konfirmasi dari penerbit, bahwa ‘buku’ saya sudah beredar. Oh… mimpikah ini? Ingin rasanya saya menunjukan ‘surat konfirmasi’ tersebut kepada orang-orang yang dulu mengendurkan semangat saya.

Ini merupakan debut pertama saya di dunia Teknologi Informatika. Sejak itu ‘nama’ saya cukup dikenal😀 sehingga banyak tawaran pembuatan program aplikasi kepada saya, hingga saya mampu untuk memiliki komputer sendiri dan koneksi internet di rumah.

Hadirnya internet di rumah banyak sekali membantu saya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang saya temui ketika membuat suatu program, dengan bergabung pada forum-forum pemrograman online, semakin mengasah kemampuan saya dalam memprogram. Tak lupa saya tetap menyalurkan hobi menulis saya dengan membuat artikel-artikel ringan dalam kemasan e-book sekitar pemograman yang saya ‘terbitkan’ di ilmukomputer.com, scribd.com, dan blog-blog yang saya miliki (blog saya yang lain: http://www.diajar.com, http://pujanggavb.wordpress.com, http://www.agungnovian.com).

Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

Sumber: http://www.compassitsolutions.com

Dua tahun kemudian saya kembali berhasil menerbitkan buku ke dua saya yang masih bertemakan tentang bahasa pemograman Visual Basic. Dan puncak kebahagiaan saya adalah di tahun 2010, ketika itu tiga buah buku yang saya tulis bekerjasama dengan Bpk. Dudung Abdullah (dosen STMIK Jabar), berhasil lolos kualifikasi BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan), sehingga layak diterbitkan sebagai BSE (Buku Sekolah Elektronik). Ini juga tak lepas dari bantuan internet yang telah memberikan bahan-bahan referensi, dan yang terpenting adalah informasi mengenai kesempatan emas menjadi penulis dari situ lowongan pekerjaan.

Sebagai ungkapan rasa syukur saya, jika Anda ingin mengikuti jejak menjadi penulis, saya sangat terbuka untuk berbgai pengetahuan kepada Anda. Mari kita berdiskusi melalui surat elektronik, silakan berkirim surel ke: pujanggabageur@yahoo.com.

Jaman memang telah berubah, kini untuk terkoneksi dengan internet, tak perlu lagi jauh-jauh mencari warnet, tak perlu lagi mengeluarkan biaya mahal untuk berlangganan kepada penyedia jasa internet, tak perlu harus selalu berdiam di rumah, kini kita dapat tetap eksis dengan internet kapan saja dan dimana saja.

Dengan semakin pesatnya teknologi informasi dan komunikasi, siapapun dapat dengan mudah menikmati layanan internet. Jika dulu koneksi internet hanya bisa dilakukan melalui jaringan kabel (telepon), sekarang kita tidak lagi membutuhkannya. Ya, dengan hanya bermodalkan sebuah telepon seluler (yang mendukung koneksi internet) dan sebuah kartu SIM (Subscriber Identity Module) untuk ponsel bersistem GSM (Global System for Mobile Communications), atau kartu RUIM (Removable User Identity Module) untuk ponsel bersistem CDMA (Code Division Multiple Access) yang disediakan oleh penyedia jasa telekomunikasi, kini Anda dapat dengan mudah untuk semakin eksis dengan internet, kapanpun dan dimanapun.

Koneksi Internet

Koneksi Internet

Sumber: Google

Kini, semakin banyak pilihan yang dapat Anda lakukan saat ‘berinternet’. Anda dapat berinteraksi dengan keluarga, kerabat, atau teman, secara langsung dengan menggunakan layanan chatting seperti: Yahoo Messenger, Windows Live Messenger, Skype, dan sebaginya. Anda juga dapat bersosialisasi, menjalin jaringan sosial melalui Facebook, Twitter, dan sebagainya. Bagi Anda yang punya hobi menulis, Anda dapat pula menyalurkannya melalui blog pribadi yang bisa Anda buat gratis pada: Blogspot, WordPress, dan sebagainya. Dengan semakin banyaknya pilihan, maka semakin memberi kepuasan dan membuat Anda semakin esksis dengan internet.

Situs Jejaring Sosial

Situs Jejaring Sosial

Sumber: Google

Namun, semakin mudahnya akses ke dunia luar dengan internet, selain sisi positif, tentunya juga memiliki dampak negatif, yang paling fatal adalah mudahnya dalam mengakses konten ‘dewasa’ (pornografi). Makin maraknya kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual, sepertinya ini adalah dampak negatif yang nyata dari penggunaan internet itu sendiri.

Akhirnya, semua keputusan dikembalikan kepada Anda masing-masing, mengikuti perkembangan jaman dengan eksis dengan internet guna mencari nilai-nilai positif dan dengan membuang jauh-jauh nilai-nilai negatif, atau bahkan mengikutsertakan nilai-nilai negatif yang bisa didapat.

Sebagai tambahan informasi, untuk keperluan koneksi antara ponsel dengan internet, untuk ponsel-ponsel keluaran terbaru biasanya mudah saja agar dapat terkoneksi dengan internet. Tapi untuk ponsel-ponsel keluaran lama ada kalanya Anda harus membuat dan menentukan seting koneksi berdasarkan jasa layanan telekomunikasi yang Anda gunakan. Berikut ini informasi setingan koneksi internet yang biasa digunakan oleh operator telekomunikasi di Indonesia:

AXIS
Nama Koneksi (Connection Name) : AXIS
APN (Access Point Name) : AXIS
Nama Pengguna (Username) : AXIS
Kata Sandi (Password) : 123456
Alamat IP (IP Address) : 10.8.3.8
Port Proxy : 9201 atau 8080

Indosat
Nama Koneksi (Connection Name) : INDOSATGPRS
APN (Access Point Name) : indosatgprs
Nama Pengguna (Username) : indosat
Kata Sandi (Password) : indosat
Alamat IP (IP Address) : 10.19.19.19
Port Proxy : 8080

Telkomsel
Nama Koneksi (Connection Name) : Telkomsel
APN (Access Point Name) : telkomsel
Nama Pengguna (Username) : wap
Kata Sandi (Password) : wap123
Alamat IP (IP Address) : 10.1.89.130
Port Proxy : 8000

XL
Nama Koneksi (Connection Name) : XL-GPRS
APN (Access Point Name) : http://www.xlgprs.net
Nama Pengguna (Username) : xlgprs
Kata Sandi (Password) : proxl
Alamat IP (IP Address) : 202.152.240.050
Port Proxy : 8080

3 responses to “Mari Memanfaatkan Internet

  1. gogo 17 Februari 2012 14:35 pukul 14:35

    yup.. internet sdh jadi bagian dari kehidupan..

  2. obat luka bekas operasi di wajah 21 Oktober 2014 10:44 pukul 10:44

    internet di jaman sekarang sudah bisa di bilang kebutuhan primer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: