Kata Baru

Tentang Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Balasan Honda untuk Yamaha


Hmm, setelah beberapa minggu “jagat motor” diramaikan oleh launching dua produk baru Yamaha, yaitu Mio Fino dan Mio-J. Akhirnya sekarang giliran Honda.  Ya, dari beberapa blog otomotif didapat info bahwa Honda akan launching varian skutik baru ber-cc 125 dengan sistem asupan bensin injeksi, pada 5 Maret 2012 nanti.

Jika di Thailand sana (yang lebih dulu mengeluarkan skutik ini) dinamai Honda Click 125i, di Indonesia sini kemungkinan akan mengusung nama yang sama dengan varian yang sudah ada, yaitu Vario.

Click 125i

Click 125i

Selama beberapa minggu ini pula, banyak tersiar kabar mengenai keiritan skutik-skutik baru seperti: “Nex” nya Suzuki dan “Mio-J” nya Yamaha, yang rata-rata dapat menembus angka 50-an Km lebih untuk satu liter bensin dengan gaya pengendaraan “anak jalanan” (gaya mengendara di jalan pada umumnya, seperti Stop and Go, perlahan dan kencang, meliuk, dan melewati tanjakan dan turunan). Selusur punya selusur, setelah mencoba googling, saya mendapatkan info bahwa calon generasi baru Honda Vario 125cc ini ternyata juga dapat menempuh angka 50km/liter, tepatnya di angka 52km/liter, tetapi sayangnya tidak dijelaskan metode pengujiannya (dalam hal ini gaya berkendara).

Jika melihat mindset dan jargon yang tertanam pada masyarakat, dimana irit adalah kepunyaan Honda, ini merupakan pekerjaan rumah bagi Honda, Honda harus dapat menciptakan skutik yang lebih irit dari skutik-skutik pesaing.

Mudah-mudaha angka 52km/liter adalah angka yang didapat dengan metoda pengujian gaya “anak jalanan”. Lumayanlah, bisa di atas Suzuki Nex yang 51km/liter, walaupun masih jauh di bawah Yamaha Mio-J yang 61km/liter. Tapi kalau ternyata angka 52km/liter didapat dari pengujian dengan gaya eco riding? Wah jauh sekali (dibanding Nex yang 80km/liter dan Mio-J yang 70km/liter).

10 responses to “Balasan Honda untuk Yamaha

  1. Aa Ikhwan 1 Maret 2012 08:55 pukul 08:55

    ditunggu hasil test ridenya yang independen dan transparan😀,.. tambah seru aja nih dunia skutik yg mengambil mindset irit😀

  2. redbike92 1 Maret 2012 14:28 pukul 14:28

    tahun ini Honda makin beringas
    jagoan2 keluar semua, katanya tahun depan NMP PGM-FI ama Tiger PGM-FI keluar juga hehe
    o y salam knal

  3. Pria Biru 1 Maret 2012 16:35 pukul 16:35

    kali ini kayaknya ke-irit-an honda sudah dikalahkan dengan kompetitor…ane yakin banget deh Bro’….

  4. blade-in 6 Maret 2012 08:30 pukul 08:30

    Testimoni Thai 100/2liter.
    Gimana kalo besok MioG-125 bisa tembus 55-60kpl. Slamat tinggal Honda irit !

  5. kamal 27 Mei 2012 13:14 pukul 13:14

    pengalaman pake vario pgm yg baru ini, aku isi pake pertamax, kayake seliter ga nyampe 50 km. cm 45an km. tapi lokasi saya mang jalannya banyak naik turun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: