Kata Baru

Tentang Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Ijasahku Hilang


Sesuai judul, saya ingin curhat sedikit. Sudah berapa lama saya mencoba mengingat-ingat dan mencari ijasah S1 saya. Entah kemana “larinya” ijasah itu. Sudah dicari di kedua tempat tinggal saya (di Bandung dan di Cirebon) tetap saja tidak ditemukan. Ijasah itu sudah hilang sejak setahun yang lalu.

Hilangnya ijasah ini sebetulnya kejadian yang kedua kali. Kejadian sebelumnya, saya sempat kehilangan ijasah tersebut, karena “dijual” oleh ibu saya ke pengepul buku-buku bekas. Ya Tuhan, ijasah yang harus “dibeli” dengan kerja keras selama empat tahun, “dijual” hanya beberapa ribu rupiah saja.๐Ÿ˜€

Tapi untungnya si pengepul memeriksa barang kepulannya dulu. Demi melihat adanya beberapa lembar kertas yang sepertinya berharga, si pengepul kemudian mengembalikannya kepada ibu saya. Alhamdulillah!

Tapi sekarang ini, dimana gerangan ya hilangnya? Apakah kembali nyangkut ke pengepul a.k.a tukang loak? Yang ada sekarang hanya soft-copy (image scan) ijasah saja yang tersisa di komputer.

Mudah-mudahan 5-10 tahun ke depan saya tidak jenuh dengan pekerjaan saya sekarang, atau saya tidak di PHK. Bingung tentunya untuk mencari perusahaan baru jika tanpa ijasah. Masih jarang perusahaan yang menilai calon karyawan dari kualitas keahliannya, yang dilihat lebih dulu adalah lembaran kertas, yang sebetulnya -untuk jaman sekarang- mudah sekali didapatkan, hanya dengan beberapa juta rupiah juga bisa, tanpa harus kerja keras, tanpa harus kuliah berlama-lama, dan tanpa harus punya kemampuan. Tidak seperti perusahaan tempat kerja saya sekarang ini, walaupun saya mendaftar hanya dengan soft-copy ijasah saja (tanpa memperlihatkan ijasah asli, karena sudah hilang), mereka mau menerima.

Apakah ada pembaca yang juga pernah mengalami kejadian seperti saya (kehilangan ijasah)? Jika ada, mudah-mudahan ada yang bisa berbagi informasi, bagaimana cara mebuat ijasah pengganti.

4 responses to “Ijasahku Hilang

  1. gogo 5 Maret 2012 14:16 pukul 14:16

    sabar aj mz, biasanya klo g dicari mlh g sengaja ketemu. kok g disimpan di Folder khusus mz..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: