Kata Baru

Tentang Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Konsumsi BBM Si Shiro (V-Ixion)


Kurang lebih dua minggu yang lalu, karena penasaran, saya ingin mengtes besaran konsumsi si Shiro (V-Ixion 2011). Setelah diisi penuh (dari keadaan jarum menunjuk empty) ternyata membutuhkan 10 liter premium, saya set odometer ke angka nol. Mulailah digunakan untuk keperluan harian, mulai dari perjalanan kerja sekira 25Km (pergi-pulang), jalan-jalan dengan istri, dan sebagainya.

Dan, hari Sabtu kemarin jarum di fuel-meter sudah menunjukan empty kembali. Saatnya diisi bensin kembali. Hebatnya, ketika saya isi tanki sebanyak 10 liter premium, kondisinya sama seperti saat pengisian dua minggu yang lalu. Kok bisa ya?😀 (maaf tidak ada gambar, maaf tidak boleh  memotret di SPBU dengan alasan apapun :p). Kemudian saya memperhatikan angka yang ditunjukkan pada odometer, tercatat 309.

Hm, 10 liter dapat menempuh 309Km, jadi berapa Km yah per liternya?  Iritkah? Menurut saya irit, lha wong saya yang “merasakan” rute yang dilalui si Shiro😀.  Ah rasanya kalau Anda orang Bandung mungkin tahu kondisi jalan terusan Kopo ke arah Soreang. Macet, banjir, banyak sekolah, mall, pabrik, jalanan rusak, kadangkala andong/sado/dokar/delman/keretek “mampir” ke jalan raya, (untung di sini cuma rumah tinggal sementara, bukan rumah pribadi).😀

Perbandingannya, jika di Cirebon saya hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk mencapai jarak 15Km, di sini, perlu 1 (satu) jam sampai 1,5 (satu setengah) jam untuk sampai dari rumah ke kantor yang berjarak sekira 12,5Km. Apalagi kalau sudah banjir, bisa sampai 2 (dua) jam. Tapi tidak seluruhnya macet😀 kalau sudah masuk jalan by-pass, baru dapat bernapas lega. Kesempatan ini biasanya saya pakai untuk mengajak si Shiro berlari, maksimal sampai 100Km/jam😀, sayang jaraknya pendek, paling cuma 2 (dua) Km karena setelah itu harus masuk jalan biasa lagi dan harus berhadapan dengan macet lagi.

Ternyata setelah saya rasakan, lumayan lebih irit daripada sepeda motor saya yang lama (Jupiter MX). Si Jalu (Jupiter MX), sehari sekali selalu diminumi seliter bensin dan besoknya mesti diisi lagi dengan jarum penunjuk pada fuel-meter menunjuk posisi yang sama, berarti 1 (satu) liter cuma sanggup 25Km. Berarti dengan V-Ixion lebih irit 5Km dengan CC lebih besar. Lumayan lah!

18 responses to “Konsumsi BBM Si Shiro (V-Ixion)

  1. vixy182 9 April 2012 19:43 pukul 19:43

    kecepatan rata2 brp tu bro kok 1 liter 30 kilo vixi nya… Temsuk boros juga…ato sett CO nya di naikin ya

  2. redbike92 10 April 2012 07:15 pukul 07:15

    lumayan irit ya 1:30 km😀

    • Novian Agung 10 April 2012 08:29 pukul 08:29

      Lumayan lah mas bro. Dibandingkan dengan BeAT kakak ipar ane juga lebih irit si Shiro. Ternyata BeAT boros juga ya (maaf no offense, bukan bermaksud BC, tapi keadaannya memang seperti itu).

      • rony 13 April 2012 09:24 pukul 09:24

        lbh irit jika dbnding vario untk kondisi yg sama bro..
        kalo mtor matic jelas lbh boros jika dbnding mtor manual..
        beat saya masi sanggup 60 kmpl untk luar kota dngan pjalanan lancar tanpa macet..
        tergantung teknik mlintir grip gas juga bro

  3. Gogo 10 April 2012 21:36 pukul 21:36

    beda bgt bro.. autovajin bisa 1/40 km

  4. Dismas 11 April 2012 14:53 pukul 14:53

    Cukup irit mas, mengingat kecepatan bervariasi dan rute yang dilewati traffic nya crowded:mrgreen: .

  5. Dr.Feelgood 12 April 2012 11:09 pukul 11:09

    wah kang dibandung mah macet wae, sareng jalanna bararutut. syukur2 max speed 80km ge tos untung kang xixixi….:mrgreen:

  6. denirosdiana 16 Mei 2012 10:12 pukul 10:12

    irit yo…..injekction gitu lho…

  7. joyloker 7 Oktober 2012 19:01 pukul 19:01

    wah ternyata nda vixion ane aja yang konsusinya 30 km/ liter rata2nya. tapi setelah ane lakukan percobaan. vixion jika touring tanpa berhenti 1 liter ampe 40-45 km krna gasnnya stabil. tapi lo di perkotaan karena mesinnya dihidupin trus dimatiin lagi dan karena gasnnya tak stabil, atau karena pagi2 sering panasin mesin juga sih hehehe rata2 1 liter30 km sampai 35 km.

Tinggalkan Balasan

