Kata Baru

Tentang Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Mari Optimalisasi “SEO” Blog WordPress Anda


Mari Optimalisasi “SEO” Blog WordPress Anda

Semenjak mengikuti “Yamaha Writing Competition”, jadi keranjingan untuk memeriksa “kondisi” artikel “Motor matic injeksi irit harga murah – Yamaha Mio J” pada mesin pencari. Walaupun hasilnya mau tidak mau harus puas pada peringkat 20 besar saja.πŸ˜€ Maklum saja, hanya blog baru dengan trafik santai, rerata 100-200 kunjungan perhari. Belum lagi blog yang berinang dan atau menggunakan CMS WordPress ini kalah populer jika dibandingkan dengan blog yang dibuat pada Blogspot. Blog yang dibuat pada blogspot memang cepat sekali terindeks oleh mesin pencari, apalagi alasannya selain karena Blogspot adalah kepunyaan dari Google sang raksasa mesin pencari. Belum lagi Blogspot memungkinkan penggunanya untuk menambahkan meta tag sesuka hati.

Ranking Artikel "Motor matic injeksi irit harga murah" di Google

Ranking Artikel KataBaru.Wordpress.Com “Motor matic injeksi irit harga murah” di Google

Maka, cara mudah agar blog Anda cepat mendapat peringkat tinggi di mesin pencari, buatlah blog pada Blogspot. Tapi bagi Anda yang kadung membuat blog di WordPress, tidak perlu berkecil hati. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar blog Anda mudah dikenali mesin pencari. Cara pertama adalah dengan mendaftarkan blog Anda pada direktori mesin pencari. Bagaimana caranya?

Pergilah menuju “Dashboard” dari blog WordPress Anda. Pada panel, klik “Perkakas” kemudian “Perkakas Tersedia”, perhatikan opsi “Webmaster Tools Verification”, di sana terdapat dua jenis direktori mesin pencari, yaitu Google dan Bing.

Halaman Perkakas

Halaman Perkakas

Pertama, daftarkan blog Anda pada direktori Google, yaitu dengan mengklik link “Google Webmaster Tools”. Sebelumnya, Anda harus terlebih dulu sebuah akun di Google berupa alamat e-mail, seperti: namasaya@gmail.com. Setelah masuk ke halaman “Google Webmaster Center”, silakan tambahkan alamat blog Anda, setelah itu, klik tab “Alternate Mode”, pilih opsi “Add a meta tag to your site’s home page” maka akan ditampilkan kode meta tag, ambil bagian tag “Content” (atau ambil seluruhnya), salin, dan tempelkan ke halaman seting “Perkakas” blog WordPress Anda.

Google Web Master Center

Google Web Master Center

Klik tombol “Simpan Perubahan” dari halaman WordPress Anda. Tunggu beberapa menit (optimalnya 3-5 menit), kemudian kembali ke halaman “Google Webmaster Center”, dan klik tombol “Verify”. Tunggu sampai verifikasi berhasil dilakukan. Jika belum berhasil juga, tunggulah beberapa menit lagi.

Nah sekarang blog Anda sudah terdaftar di direktori mesin pencari Google. Tinggal menambahkan untuk direktori Bing. Silakan klik link “Bing Webmaster Center”. Untuk dapat mengakses “Bing Webmaster Center”, Anda harus lebih dulu memiliki akun pada “Windows LiveID”. Silakan daftar lebih dulu dengan mengklik link “Sign up with Windows LiveID” di halaman “Bing Webmaster Center”.

Setelah berhasil mendaftarkan sebuah akun di “Windows LiveID”, lakukan login ke “Bing Webmaster Tool”. Nah, tinggal menambahkan link blog Anda di Bing. Setelah itu, klik link “Option 2: Copy and paste a tag in your default webpage”, sama seperti langkah pada “Google Webmaster Center”, salin isi dari tag “Content”, atau ambil seluruh kode meta yang ditampilkan, kemudian tempelkan ke kotak “Bing Webmaster Center” di halaman seting “Perkakas”. Simpan kembali perubahan, tunggu kembali beberapa menit sebelum memverifikasi pada halaman “Bing Webmaster Center”.

Bing Webmaster Tool

Bing Webmaster Tool

Baik, itu saja dulu ya. Nanti kita lanjut cara lainnya di artikel selanjutnya.

http://blog.agungnovian.com

18 responses to “Mari Optimalisasi “SEO” Blog WordPress Anda

  1. sugiedane 8 Mei 2012 21:21 pukul 21:21

    wah boleeh dicoba…..πŸ˜€

  2. denirosdiana 8 Mei 2012 21:24 pukul 21:24

    Mantep neh artikelnya….
    Yakinlah bahwa berbagi itu memberi kesenangan tersendiri dan dari kesenangan-kesenangan itu memberi dampak positif terhadap kesehatan bai mental maupun jasmani…..

  3. rusmanjay 9 Mei 2012 07:39 pukul 07:39

    berhasil… berhasil….

  4. Aa Ikhwan 9 Mei 2012 08:10 pukul 08:10

    sip ajiibπŸ˜€

  5. Dismas 9 Mei 2012 10:24 pukul 10:24

    ada lagi mas. prosentase prase keyword terhadap panjang karakter postingan, disetting sebanyak 3 – 5%πŸ˜ŽπŸ˜€πŸ™‚

  6. Pingback: Optimalisasi SEO pada Blog WordPress [Sesi 3] « Kata Baru

  7. busana muslim 30 September 2013 11:04 pukul 11:04

    kami menyediakan info tentang fashion dan resep, cocok bagi anda yg sedang mencari info tentang fashion ataupun resep untuk mengunjungi blog kami http://busanamuslimdiskon.wordpress.com/πŸ™‚

  8. Dopsolution 7 Oktober 2014 20:38 pukul 20:38

    Makasih gan tutornya, maju terus deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: