Blog INOCHISoftware
- Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Blog Agung Novian
- Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Tentang Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan
Akhirnya, setelah beberapa bulan “menunggu”, lihat artikel sebelumnya: “Si Shiro Ganti Lampu Belakang Lagi“, hari ini, Selasa (10/7/12) lampu belakang si Shiro (Yamaha V-Ixion putih, 11-12) mati lagi. Amazing, sudah tiga kali diganti sejak pembelian akhir Nopember 2011 lalu, dengan yang kali ini, berarti 4 (empat) kali ganti. Hmm, dalam 7 (tujuh) bulan sudah 4 (empat) kali ganti lampu belakang? Kira-kira berapa lampu yang akan “dihabiskan” dalam 3 (tiga) tahun? 😆
Ah, kalau saya tanya mekanik di bengkel resmi, pasti jawabannya sama saja, “karena faktor jalan yang rusak” (padahal Jupiter MX saya yang dulu tidak pernah mati lampu lagi setelah ganti kiprok, walaupun menempuh rute jalan yang sama) tanpa mereka mau memikirkan langkah penangannya. Jadi mau tidak mau setiap lampu mati harus ganti, daripada naik darah :D.
Adakah pembaca yang juga punya keapesan seperti saya? Mudah-mudahan tidak ada. 🙂
hmm kok bisa ya,..ane 3 tahun baru sekali ganti 😀
Hihi, saja juga heran, Aa… 😀
ngga coba naikin wattnya? dikit aja jangan gede2
Terima kasih sarannya mas bro, nanti dicoba
Waduh, mati lagi. Sabar mas bro 🙂
Iya nih mas bro, apesss…
shiro tu apa ya??
punya ane 5th baru ganti 1x.. alhamdulillah….
Shiro itu nama V-Ixion putih saya pak, hihihi…
Mantap, 5 tahun baru 1x…. Heran kok banyak keluhan di si Shiro? Sepertinya sebentar lagi si Shiro harus ganti kampas kopling, kampas tromol, dll nih.
hehe.. iya..
tp lampu depan udah 4x 😀
Tapi kalau 5tahun 4x sih sepertinya tidak terlalu masalah 😀
Lha si Shiro, baru setengah tahun lebih sudah 4x *tepokjidat*
Teman ane pakai vixion 2007, dia bilang kalau lampu blakang sering putus.
Td nya ane ga percaya, kalau sering putus.
Akhir nya ngalami juga. Hehehe
Ane punya baru 3 bln sdh 2 x ganti.
Ini lampu ke 3, semoga ga putus2 lg.
Wah…. senasib kita gan… Kok bisa ya, banyak yg gampang putus? haduh…
Membingungkan memang, pernah tanya di beres Yamaha.
Jawab nya: Lampu nya nyala terus x ( tanpa sengaja ke injak pedal rem).
Jabannya asal tuh masbro. Di V-Ixion saya, yg pertama mati adalah lampu belakang (lampu utama), disusul lampu rem, selalu begitu 😀
Kaya nya bgt bro, asal jawab sj.
pertama sampai gosong lampu nya, dan yg kedua lampu rem nya.
Langsung ganti saja, takut membahayakan buat diri sendiri dan yg lain nya.
pake yg 12 W/24 V, bro..tapi Itu punya truck colt diesel, 🙂 di jamin awet.. Saya sudah buktikan..
Hihihi beneran tuh bro pakai punya colt? 😀 Tapi saya mau pakai LED saja deh, mudah-mudahan tidak mati lagi.
Kalau lampu belakang mati, bawaannya khawatir kalau motor dipakai malam-malam…
vixion saya 3 tahun, baru skali gnti lampu blkang…
Ada yang awet, ada yg tidak awet, beda vendor kah?
sama aq juga da ganti mpe 6 kali…..
Dalam kurun waktu berapa dasawarsa itu mas bro? 😀
ganti lampu yg wattnya lebih besar aja, kalo mau ganti LED baiknya resistor kudu disesuaikan, dan lebih baik tambahkan tahanan resistor sedikit melebihi yg dibutuhkan LED,
itu gampang putus disinyalir ada arus berlebih yg masuk ke lampu belakang, biasanya arus berlebih sering terjadi pada motor yg sering dipake ngebut, walau ada pula yg selalu santai tapi arus listrik berlebih.
soal kampas kopling selama gak selip ya gak perlu ganti, ciri2 selip yaitu pada gigi 1 coba jalan dan gas secara mendadak ampe penuh. lalu oper persneling secara cepat lalu gas pol. kalo mesin ngeden (RPM tinggi tapi gak lari) lalu tiba2 kampas kopling serasa pakem lagi maka bisa dipastikan area kopling bermasalah, selama itu gak terjadi ya gausah ganti lah…filing doang kali…
Nice info mas bro, saya berkaca pada hasil dari bengkel bulan-bulan kemarin, masa iya baru beberapa pemakaian kampas rem depan sudah habis, jangan-jangan pakai kampas (kulit) kelapa.
shiro kok kenapa2 terus bro.. moga lekas sembuh deh.
Iya nih bro, heran saya, padahal saya jarang kebut-kebutan, top speed juga maximal 100km itupun cuma sanggup 1-2KM, selepas itu, ya berbaur dengan kemacetan.
Sekarang perseneling sepertinya bermasalah lagi, tidak nyaman saat pindah gigi, kadang keras, kadang terasa tertahan.
masalahnya persis yg saya alamin, vixionnya putih bkn mas?
lampu belakang mati, sama perseneling kalo mau pindah dari gear 2 ke 1 suka bunyi cletak cletak.
mau servis ke beres, beresnya tutup (libur)
Iya mas, V-Ixion putih. Nah sekarang saya mengalami itu, perseneling tidak nyaman saat perpindahan, kadang serasa baru setengah masuk.
Cb ganti sama led yg model jagung mazbro mayan awet