Kata Baru

Tentang Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Tangki V-Ixion Jangan Dibiarkan “Kosong”!


Pernah saya membaca srtikel di sebuah blog, yang katanya tidak masalah jika sepeda motor injeksi tangkinya dibiarkan “kosong” (kosong di sini artinya bukan kosong sama sekali, melainkan masih tersisa beberapa cc bahan bakar di dalamnya). Penasaran, akhirnya saya uji coba pada si Shiro.

si Shiro

si Shiro

Fuel meter pada hari Senin (04/06/2012) sudah mentok di sisi kiri (huruf E diterabas). Saya kirakan saat itu masih tersisa kurang lebih 2literan bensin di dalam tangki. Tetapi sengaja tidak saya isi ulang. Saya sengaja membiarkan si Shiro “kelaparan”. Hari pertama (Senin) belum ada masalah dengan si Shiro, tidak ada keanehan sama sekali.

Dan, pada hari Selasa (05/06/2012), saya taksir isi “perut” si Shiro tinggal 1literan bensin saja. Sayapun belum berniat untuk memberi “minum” si Shiro. Seperti biasa, pagi-pagi berangkat ke tempat kerja yang harus melewati jalur padat merayap. Sekira menempuh jarak 5-7KM, ada ke anehan pada kaki bagian atas saya.

Wow ada “kehangatan” lebih di bagian atas lutut hingga paha bagian bawah. Penasaran, sayapun berhentikan si Shiro di sisi jalan, saya raba kulit perut tangki si Shiro. Ajaib, ternyata tangki si Shiro puanassss cessssss…

Pompa BB (Fuel Pump)

Pompa BB (Fuel Pump)

Padahal saya perkirakan saat itu “isi perut” si Shiro masih ada sekitar 3/4literan. Akhirnya saya ambil kesimpulan, bahwa pompa bahan bakarlah yang menyebabkan kulit perut si Shiro panas. Berarti bohong yang katanya pompa injeksi tidak butuh cairan (bensin) sebagai media pendingin.

Tidak mau menanggung resiko lebih, sayapun segera menuju SPBU terdekat dan mengisi perut si Shiro sampai muntah penuh.

Mau membuktikan? Cobalah!

15 responses to “Tangki V-Ixion Jangan Dibiarkan “Kosong”!

  1. Aa Ikhwan 7 Juni 2012 09:27 pukul 09:27

    sip ajiib,..selain panas pun bahaya klo motor hampir kosong bensin-nya.

  2. rusmanjay 7 Juni 2012 09:37 pukul 09:37

    gitu ya, motor saya masih karburator sih kadang2 bensin di tangki sampe habis yang tersisa tinggal di selangnya saja 😀

  3. ridertua 7 Juni 2012 09:52 pukul 09:52

    puasa kok perutnya kosong 🙂

  4. redbike92 9 Juni 2012 20:55 pukul 20:55

    wah ga ada motor injeksi
    kalau resikonya gitu, ga berani coba2 wes hehehe
    http://redbike92.wordpress.com/2012/06/09/opini-koplak-rahasia-sukses-honda-cb100/

  5. kharis27 16 Juni 2012 11:52 pukul 11:52

    wah kasihan si shiro ga di kasih minum .,,.,. kalo tanda bensin dah mau abis di spidometer ane takut bensin abis ,.,. takut dorong ke SPBU, kalo deket gpp, kalo jauh cuapek hehe

  6. Gogo 22 Juni 2012 12:41 pukul 12:41

    memang bner bro.. ad batas minimunya.. ibarat pompa, g ad airnya nyedot apaan..

  7. yoda mania 23 Juni 2012 05:35 pukul 05:35

    si imas malah sampe dorong 2 x mas brew

Tinggalkan komentar