Kata Baru

Tentang Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Optimalisasi SEO pada Blog WordPress [Sesi 2]


Optimalisasi SEO pada Blog WordPress [Sesi 2]

Setelah kemarin membahas mengenai optimalisasi SEO pada blog WordPress dengan mendaftar pada direktori mesin pencari, di sini: Mari Optimalisasi “SEO” Blog WordPress Anda. Nah berikut ini cara selanjutnya yang juga dapat dilakukan untuk mengoptimalkan SEO, yaitu dengan memanfaatkan jejaring sosial. Seperti yang kita ketahui, belakangan ini keberadaan jejaring sosial sangat digandrungi oleh penjelajah dunia maya. Mari kita manfaatkan situasi ini dengan membagikan (share) artikel dari blog kita ke situs-situs jejaring sosial.

WordPress memberikan sarana berbagi secara otomatis. Sehingga ketika Anda menerbitkan (publish) sebuah artikel, maka link menuju ke artikel Anda tersebut akan dikirimkan ke “dinding” jejaring sosial tersebut. Anda membutuhkan otorisasi antara WordPress dengan situs jejaring sosial. Langkah otorisasi bisa Anda lakukan dengan mengklik menu “Pengaturan” kemudian “Sharing“.

Halaman Sharing

Halaman Sharing

Setelah masuk ke halaman “Sharing”, klik link “Connect to” di salah satu ikon jejaring sosial yang ditampilkan, misalnya dengan mengklik link “Connect to Twitter” yang ada di kotak ikon jejaring sosial Twitter. Maka akan ditampilkan kotak dialog otorisasi, klik tombol “Authorize connection to Twitter“. Oh ya, sebaiknya Anda sudah masuk (login) lebih dulu ke halaman akun Twitter Anda sebelum melakukan otorisasi. Tapi jika belum masuk pun tidak apa-apa karena Anda tentunya akan diminta untuk masuk lebih dulu.

Dialog Otorisasi

Dialog Otorisasi

Jika Anda sudah masuk ke akun Twitter, maka akan ditampilkan halaman otorisasi antara aplikasi kepunyaan WordPress dengan Twitter. Klik saja tombol “Authorize app“.

Otorisasi WordPress dengan Twitter

Otorisasi WordPress dengan Twitter

Mudah? Ya. Silakan lakukan otorisasi dengan jejaring sosial lainnya yang sudah disediakan WordPress. Tapi usahakan sebelumnya Anda sudah mempunyai akun-akun di situs-situs jejaring sosial tersebut dan usahakan Anda sudah masuk (login) ke situs-situs jejaring sosial tersebut.

Setelah otorisasi ini, setiap kali Anda membuat artikel dan menerbitkannya, maka artikel Anda juga akan “diterbitkan” di situs-situs jejaring sosial tersebut. Ini akan menciptakan backlink ke situs Anda.

Demikian pembahasan Optimalisasi SEO pada Blog WordPress [Sesi 2] kali ini, kita akan lanjutkan pada sesi berikutnya.

9 responses to “Optimalisasi SEO pada Blog WordPress [Sesi 2]

  1. rusmanjay 10 Mei 2012 08:38 pukul 08:38

    sudah dicoba….

  2. Aa Ikhwan 10 Mei 2012 09:50 pukul 09:50

    sip ajiib

  3. Tulus Budi 10 Mei 2012 10:59 pukul 10:59

    thx infonya mas…..

  4. Gogo 11 Mei 2012 14:21 pukul 14:21

    kereen…
    lanjutkan bro

  5. Pingback: Optimalisasi SEO pada Blog WordPress [Sesi 3] « Kata Baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: