Kata Baru

Tentang Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Ah, Ternyata Beda Tipis


Sejak Selasa (22/05/2012) si Shiro sudah berhenti “puasa”. Ah lega rasanya bisa ajak si “Shiro” untuk lari lagi :D. Nah, sambil isi ulang tangki si Shiro, melirik ke arah trip meter. Untuk pengujian terakhir kali ini ternyata si Shiro sanggup diajak 326KM untuk 10 liter BBM premium.

Kita lihat hasil pengujian-pengujian sebelumnya:

No Jangkauan KM/Liter
1 31KM
2 27KM
3 29KM
4 32,6KM

Apa artinya? Ternyata mau dibawa “eco ridding” maupun diajak “sruntulan”, jika berada di lingkungan yang rawan macet, dan kondisi jalan yang rusak parah, konsumsi BBM beda-beda tipis.

Cukup jauh perbedaannya dengan apa yang dirasakan oleh kakak saya yang tinggal di Cirebon, dimana konsumsi V-Ixion nya sanggup mencapai 500KM lebih untuk 10 liter. Wow, gara-gara kemacetan, saya harus ‘kehilangan jarak tempuh’ lebih kurang 20KM per hari. Hitunglah berapa ribu motor yang kehilangan literan BBM akibat kemacetan! 😦

Apa lagi artinya? Artinya pemerintah kita ini malas dan bodoh untuk memecahkan kasus kemacetan. Mungkin yang ada di otak mereka hanya bagaimana mendapat keuntungan dari semakin banyaknya penjualan kendaraan dan besarnya pajak yang didapat. Sementara mereka tidak mau dan tidak mampu untuk mengurangi risikonya (kemacetan).

Percuma saja pemerintah gembar-gembor dalil penghematan BBM lah, konversi BBM lah, dan lah-lah lainnya, kalau kasus kemacetan malah semakin parah.

Salah satu biang kemacetan contohnya ini:

Jalanan rusak

Ya, jalanan yang rusak. Yang tidak mau diperbaiki, yang padahal uang untuk memperbaiki tiap hari mereka dapat dari pajak tahunan kendaraan, yang ketentuan perbaikan jalan ini diatur “UU No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan” dimana pihak penyelenggara jalan bisa dipidana akibat kelalayan pemeliharaan jalan sehingga menimbulkan kecelakaan/kematian.

Tapi akhirnya, semua cuma retorika. Rakyat kecil cuma bisa mengumel….

1 responses to “Ah, Ternyata Beda Tipis

  1. rusmanjay 24 Mei 2012 11:01 pukul 11:01

    wow, 10 liter nyampe 500km, hampir sama sama bebek saya 1:55

Tinggalkan komentar